Infografis 03 : Tips Mengembangkan Potensi Diri

        Dalam proses kehidupan, seringkali ditemukan orang-orang yang putus asa dan mengira bahwa dirinya tidak berguna. Sebenarnya, potensi yang ada dalam diri setiap manusia dapat diasah dan dikembangkan untuk menuai kesuksesan atau manfaat lainnya.


Berikut beberapa tips dalam mengembangkan potensi diri:

1. Kenali Potensi Diri 

    Hal yang dapat menjadi pertanda dari potensi seseorang yaitu adanya rasa nyaman dan tidak mudah bosan saat melakukan sesuatu. Setiap orang memiliki kemampuan dan pengalaman yang berbeda-beda, hal ini berpengaruh pada kemampuan sesorang dalam memecahkan masalah. Hal yang terpenting adalah menjadi diri sendiri.

2. Menampung Kritikan

    Kritikan adalah sarana perbaikan untuk menjadi jauh lebih baik dengan melakukan intropeksi diri. Dengan adanya kritikan tidak semestinya menggugurkan impian-impian yang ada, justru hal ini menjadi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang ada sehingga dapat mencapai titik kesuksesan.

3. Optimis

    Seseorang harus memiliki sikap optimis dalam dirinya karena dalam melakukan berbagai kegiatan terkadang ditemui hambatan-hambatan bahkan secara tidak terduga. Dengan adanya sikap optimis maka akan membantu meyakinkan diri saat evaluasi kekurangan untuk mencapai hal yang diinginkan.

4. Berpikir Positif

    Hal ini dapat membantu sesorang terhindar dari stress atau tekanan berlebihan dan dapat menjernihkan pikiran dalam mencari solusi penyelesaian masalah. Sebaliknya, jika sesorang membiarkan diri terus berpikir negatif, maka pengembangan potensi tersebut akan terhambat atau terganggu. 

5. Keluar dari Zona Nyaman

    Tantangan dan kesulitan yang ada sebaiknya dijadikan bahan untuk menggali lebih dalam potensi yang dimiliki. Berbagai tantangan tersebut akan mengasah seseorang agar lebih memiliki karakter yang kuat. Pentingnya mengeksplorasi diri adalah alasan mengapa keluar dari zona nyaman perlu dilakukan. 


Fitri Dini Aulia Sari

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Sumber:

https://rapafm.pakpakbharatkab.go.id/rapafm/read/329/12-cara-mengembangkan-potensi-diri-untuk-berprestasi


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama