Infografis 02 : Tips Mengelola Keuangan yang Sehat

        

        Dalam buku The Veil of Money (1949) oleh A.C. Pigou, mengartikan uang sebagai alat tukar. Kegunaan sebagai alat tukar tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti kebutuhan pangannya. Dalam buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, Senator Elizabeth Warren dan putrinya-Amelia Warren Tyagi, mempopulerkan sebuah prinsip dalam mengatur keuangan. Prinsip ini bekerja cukup efektif dengan membagi kebutuhan menjadi tiga bagian, 50% untuk dibelanjakan, 30% untuk keinginan, dan 20% disisihkan sebagai tabungan.


        Untuk kamu yang masih dibangku sekolah atau kuliah, tentu saja perlu tau dalam memanajemen keuangan. Bagaimana caranya? Simak tips-tips dibawah ini ya!

1. Buatlah catatan keuangan 

Bagian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah pengeluaranmu, baik dalam hitungan hari, minggu, ataupun bulanan. Catat dengan exel atau manual secara detail dari total saldo dengan pengeluaran tersebut. 

2. Membiasakan diri untuk menabung

Tanpa paksaan melalui kebiasaan. Kamu bisa mulai menabung sedikit demi sedikit dan perhatikan gaya hidup yang dijalani. Jangan sampai terjebak dalam kebutuhan tersier.

3. Waspada dengan nasihat yang berlebihan

Sering mendengar ungkapan “Uang bisa dicari, tetapi pengalaman belum tentu dating dua kali”? Begitu ungkapan yang terkadang membuat pengeluaran kita melonjak. Namun, hal ini bisa saja dilakukan. Jika kita sendiri sudah memperhitungkan rancangan anggaran secara detail, dengan memperhatikan pengeluaran prioritas.

4. Memanfaatkan keahlian 

Memiliki keahlian di bidang teknologi, public speaking, menulis, dan sebagainya. Keahlian itu selalu dicari dalam dunia kerja. Asah terus kemampuan yang kamu miliki, misalnya mengikuti pelatihan dan kompetisi. Dari situ, kamu akan mengetahui keahlianmu dapat membantu dalam pemasukan di rancangan anggaran.


Zerly Affi Walti

UKPM Pena BEM KM FKM Unand


Referensi :

Kementerian Keuangan RI. (2021). Pentingnya Manajemen Keuangan dalam Kehidupan Sehari-hari. Diakses melalui https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-sumut/baca-artikel/14590/Pentingnya-Manajemen-Keuangan-dalam-Kehidupan-Sehari-Hari.html. Diakses pada 8 Januari 2023.

Wahhab, A. (2022). Yuk Simak Cara Mengatur Keuangan dengan Baik dan Optimal. Diakses melalui https://landx.id/blog/pengelolaan-keuangan-yang-baik/. Diakses pada 8 Januari 2023.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama